SMK
PGRI 3 DENPASAR
NAMA : I KD ERIK JUNIARMADI
KLS : XI AP 4
NO : 19
KATA PENGANTAR
Om Swastiastu.
Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan YME yang telah memberikan
jalan dan kemudahannya dalam pembuatan Laporan Praktek Kerja Indrustri di
Mercure Bali Harvestland Kuta, sehingga penulis dapat menyelesaikan dengan
tepat pada waktunya yang berjudul “Praktek Kerja Indrustri di Mercure Bali
Harvestland Kuta” Selama Bulan Juni 2013 – November 2013. Penulisan laporan ini bertujuan sebagai syarat kenaikan ke
kelas 3. Penulis meyadari akan kekurangan dan keterbatasan kemampuan dalam hal
pembuatan laporan ini dengan sempurna, untuk itu penulis mengharapkan kritik
dan saran yang dapat memberikan masukan – masukan berguna sebagai wujud
menutupi kekurangan dalam pembuatan makalah ini. dalam kesempatan ini penulis
ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada yang terhormat :
1.
Bapak Nengah Karji selaku ketua pelaksana
prakrin dan Bapak Agung Dharma selaku panitia pelaksana prakrin.
2. Ibu
Ina selaku HRD Mercure Bali Harvestland Kuta yang telah memberikan kesempatan
untuk training di Mercure Bali Harvestland Kuta.
3. Bapak
Nur Chairi dan Bapak Sutrisno selaku Supervisor house keeping dan assistant
supervisor, yang telah membimbing dan memberikan masukan di lapangan.
4.
Para Leader Housekeeper, Adhe, Budi, Dodi, Alit,
Khairi, Tikno dan para Senior Nengah, Pasek, Sigit’s, Teguh, Kasim, Hasan,
Mahariana yang selalu membimbing, mengajari dan membantu training di lapangan.
5. Semua
teman-teman training yg akan selalu saya ingat jika tidak hilang ingatan,
Risky, Ari, Eka, Adi A, Dessy, Eta, Andriani yg selalu membantu di saat saya
kesusahan dan pihak yang telah membantu hingga terselesainya laporan ini.
Dalam pelaksanaan praktek kerja dan menyusun
laporan praktek kerja lapangan (training) masih banyak kekurangan, oleh karena
itu. Kritik dan saran untuk kemajuan sangat penulis harapkan. Semoga laporan
ini dapat bermanfaat bagi kami dan pembaca pada khususnya.
Om Santih, Santih, Santih,
Om.
Denpasar, 25 November 2013
(I KD ERIK JUNIARMADI)
DAFTAR ISI
Kata Pengantar............................................................................................................1
Daftar Isi.................................................................................................................... 2
BAB
I PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang.................................................................................................. 3
1.2 Tujuan Praktek Kerja Lapangan....................................................................... 3
1.3 Manfaat
Praktek Kerja Lapangan.................................................................... 3
1.4
Waktu dan Tempat Pelaksanaan....................................................................... 4
BAB
II GAMBARAN UMUM
2.1 Sejarah Singkat Mercure Bali
Harvestland Kuta............................................. 5
2.2 Struktur Organisasi.......................................................................................... 5
2.3 Department yang ada di Mercure Bali
Harvestland Kuta............................... 6
2.4 Hubungan Department House Keeping dan
Department Lain....................... 7
2.5 Lokasi dan Fasilitas Hotel............................................................................... 8
2.6 Tata Tertib Kerja di Mercure Bali
Harvestland Kuta...................................... 9
BAB
III PEMBAHASAN
3.1 Deskripsi Kegiatan Room
Attandent............................................................ 12
3.2 Alat-Alat yang Digunakan............................................................................ 13
3.3 Cairan Pembersih (Chemical)........................................................................ 13
3.4 Perlengkapan dan Fasilitas Kamar................................................................. 13
3.5 Langkah-Langkah Pembersihan Kamar......................................................... 14
BAB
IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan dan Saran.................................................................................. 17
BAB I
PENDAHULUAN
1.2 Latar belakang
Praktik kerja industri
merupakan salah satu mata pelajaran dalam kurikulum yang wajib di ikuti oleh
seluruh siswa Sekolah Pariwisata Bali. Praktik kerja industri ini merupakan
suatu kegiatan yang dilakukan di luar sekolah untuk menambah pengetahuan siswa
tentang dunia industri agar dapat mempraktekkan seluruh teori yang diperoleh di
sekolah di dunia industri.
Di dalam bidang pariwisata dan
perhotelan, pengetahuan teori dan praktek yang di pelajari di sekolah harus di
tunjang dengan praktek yang di lakukan di dunia industri, dalam hal ini
dilakukan dalam bentuk praktik kerja industri. Dari pelaksanaan praktik kerja
industri ini, siswa dapat menerapkan teori dan praktek yang dapat mendukung
pelaksanaan di dunia industri serta siswa dapat membandingkan teori dan praktek
yang di dapat disekolah dengan praktik kerja industri di dunia industri.
Sehingga diharapkan akan sangat besar pengaruhnya dalam usaha peningkatan
kemampuan serta profesionalisme kerja guna mempersiapkan diri untuk berhadapan
langsung dalam dunia pariwisata khususnya perhotelan.
1.2
Tujuan Praktek Kerja Lapangan
Adapun tujuan dari pelaksanaan praktik
kerja industri adalah sebagai berikut :
Sebagai
salah satu syarat naik ke kelas 3 dan kelulusan yang harus di tempuh selama
mengikuti pelajaran di SMK PGRI 3 Denpasar.
Untuk
menerapkan teori dan praktek yang dapat mendukung pelaksanaan di dunia
industri.
Mampu
mengembangkan dan meningkatkan keterampilan, pengetahuan dan sikap kerja yang
baik dalam melaksanakan tugas- tugasnya serta mengenal kondisi kerja di
lapangan.
1.3 Manfaat Praktek Kerja Lapangan
Adapun manfaat- manfaat yang diharapkan dalam
pelaksanaan Praktik Kerja Industri adalah sebagai berikut :
Dapat
menambah wawasan dan pengetahuan mengenai bidang tugas yang sedang dijalani.
Dapat
menerapkan teori maupun praktek yang di peroleh di sekolah dan menbandingkannya
dengan situasi kerja sesungguhnya.
Mendapatkan
pengalaman baru di dunia industri perhotelan yang sesungguhnya.
Dapat
belajar dalam membina suatu hubungan kerja yang baik.
Meningkatnya
kemampuan berbahasa asing, terutama bahasa Inggris.
1.4 Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Waktu pelaksanaan training
ini dimulai pada tanggal 25 juni 2013 sampai dengan tanggal 25 November 2013
dan tempat pelaksanaan On The Job training adalah di Hotel Mercure Bali
Harvestland Kuta.
BAB II
GAMBARAN
UMUM
2.1 Sejarah Singkat Mercure Bali Harvestland Kuta
???
2.2 Struktur Organisasi
???
2.3 Department Yang Ada di Mercure Bali Harvestland kuta
Hotel Mercure Bali Harvestland Kuta dalam pengelolaan usahanya memberikan
pelayanan yang terdiri dari beberapa departemen yaitu :
FRONT OFFICE DEPARTEMENT
Fungsi dari Front Office
Departemen adalah menjual kamar dan memberikan jasa seperti :
ø Menyiapkan pelayanan informasi hotel.
ø Melayani tamu (check in / check out ).
ø Menyiapkan administrasi.
Front office ini
merupakan kantor depan yang secara langsung bertemu dengan tamu
hotel. Disamping itu front office juga merupakan pendukung kemajuan dan
kelancaran suatu hotel.
ø HOUSEKEEPING DEPARTEMENT
Housekeeping adalah
suatu departemen yang tuganya mengatur serta merawat kebersihan, keindahan,
kenyamanan serta keamanan di area hotel sehingga dapat member arti bagi tamu
hotel.
ø ACCOUNTING DEPARTEMENT
Adalah department yang
bertanggung jawab atas kerja bagian keuangan. Adapun fungsi dari accounting
adalah pengaturan pemasukan dan pengeluaran keuangan hotel.
ø MARKETING DEPARTEMENT
Departemant ini bertugas
mempromosikan hotel agar lebih dikenal, baik itu kamar, harga kamar, fasilitas
maupun sarana lainnya.
ø ENGINEERING DEPARTEMENT
Department ini yang
menangani dekorasi atau menghias serta untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan
disekitar hotel yang memerlukan tenaga-tenaga ahli terutama untuk perbaikan
listrik dan elektronika.
ø PERSONALIA DEPARTEMENT
Department ini bergerak
di bagian penerimaan calon pegawai baru dan member training kepada pegawai
dalam jangka waktu tertentu.
2.4 Hubungan Department
House Keeping dan Department Lain
ø Hubungan bagian Housekeeping dengan bagian Front Office
ø Housekeeping dan Front
office merupakan room division yang saling terkait dalam
proses penyiapan dan penjualan kamar-kamar.
ø Housekeeping menyimpan dan
membuat laporan Lost & found dan konfirmasikan pada
Front office.
Front office.
ø Housekeeping melaporkan
status kamar yang sebenarnya pada Front office.
ø Housekeeping menyiapkan
kamar-kamar dan konfirmasi pada Front office bahwa kamar
siap dijual.
siap dijual.
ø Front office mengirimkan
laporan kamar-kamar occupied pada Hoousekeeping.
ø Front office
menginformasikan kamar-kamar baru chek-in pada Housekeeping.
ø Front office
menginformasikan kamar-kamar Chek-out maupun daftar akan Chek-out
pada Housekeeping.
pada Housekeeping.
ø Front office meginformasikan
kamar-kamar Change room pada Housekeeping.
ø Front office membuat
laporan perbedaan room status ( room descripancy ) pada Housekeepping
ø Front office
mengimformasikan permintaan extra dan complain dari tamu pada
Hoousekeeping.
ø Hubungan bagian Housekeeping dengan bagian Binatu (
laundry )
ø Hubungan ini meliputi
pengambilan dan serah terima Guest laundry,linen-linen,uniform kotor dan
bersih dan saling menkofirrmasikan tentang keluhan pencucian.
ø Hubungan bagian Housekeeping dengan bagian Enggenering
ø Hubungan ini erat sekali
karena menyangkut operasional hotel dalam hal pemeliharaan dan
perbaikan peralatan dan fasilitas hotel terutama yang digunakan untuk
kepentingan tamu.
Hubungan bagian
Housekeeping dengan bagian Puchasing
ø Hubungan ini dalam hal pembelian
peralatan dan perlengkapan yang sesuai dengan operasional Housekeeping.
Hubungan bagian
Housekeeping dengan bagian HRD
ø Berupa urusan kepegawaian
seperti permintaan tenaga kerja,pelantikan pegawai, program
training,gaji,tunjangan,cuti pegawai,urusan jaminan social dan lain-lain.
Hubungan bagian
Housekeeping dengan bagian Security
ø Hubungan ini meliputi
pelaporan dan pengawasan keamanan dan keselamatan dalam hotel terutama
kamar-kamar dan public area serta barang-barang milik tamu.
Hubungan bagian housekeeping
dengan bagian Food and bavarage
ø Hubungannya berkaitan
dengan pelayanan room service,menu dikamar,clear up dan FB product
menyiapkan makanan untuk karyawan.
2.4 Lokasi dan Fasilitas Hotel
Alamat dan Lokasi
Alamat : Jln By Pass Ngurah
Rai No. 8 Simpang Siur, Kuta 80361
Telp : (62) 361 750 483 Fax
: (62) 361 750 482
Website :
www.mercurebaliharvestlandkuta.com
e-mail : info@mercurebaliharvestland.com
Fasilitas Hotel
ø 166 Kamar
Mercure Bali Harvestland Kuta terdiri dari 166 kamar.
Untuk mengetahui jenis-jenis kamar di Mercure Bali Harvestland Kuta secara
lengkap sebagai berikut.
Lantai
|
Standar Room
|
Exsecutive King Room
|
Exsekutive Twin Room
|
Junior Suites
|
Suites Room
|
President Suites
|
SPA
|
Jumlah Kamar
|
1
|
42
|
4
|
1
|
2
|
-
|
-
|
2
|
51
|
2
|
53
|
-
|
-
|
2
|
-
|
-
|
-
|
55
|
3
|
53
|
-
|
-
|
2
|
-
|
-
|
-
|
55
|
5
|
-
|
-
|
-
|
-
|
4
|
1
|
5
|
|
JUMLAH KAMAR
|
166
|
ø
Meetting Rooms
ø
Roots Restaurant
ø
Harvestland Club Lounge
ø
Swimming Pool
ø
Odiseus Spa
ø
Fitness Center
ø
Non-smoking rooms
ø
24 hours Room Service
ø
24 hours Laundry
ø
Free WiFi & Internet Connection
ø
Free Parking
ø
Business Center
ø
Free Shuttle Service to Kuta Beach
ø
Harvestland
Ballroom
2.5 Tata Tertib Kerja di Mercure Bali Harvestland Kuta
ø TATA TERTIB KEHADIRAN
ø Jadwal/schedule training
diatur oleh masing-masing bagian di deparemen yang bersangkutan.
ø Traine melakukan absent di
timekeeping-security office dilakukan dalam kondisi berseragam.
ø Keterlambatan masuk kerja
mencapai 15 (lima belas) menit atau lebih dianggap melanggar tata tertib
kecuali telah diberitahukan kepada atasan.
ø Ketidakhadiran karena sakit
wajib disertai surat keterangan sakit dari dokter yang berwenang.
ø Ketidakhadiran karena
hal-hal diluar sakit dibenarkan dengan pemberitahuan dan izin sebelumnya dari
mentor.
ø Ketidakhadiran 3 hari kerja
berturut-turut tanpa keterangan apapun dianggap melalaikan pekerjaan dan dapat
dikenakan sanksi berupa perhentian masa traine.
ø TATA TERTIB UMUM
ø Seragam disediakan di hotel
termasuk fasilitas pencucian seragam, namun setiap traine bertanggung jawab
terhadap kondisi seragam tersebut.
ø Traine diwajibkan untuk
selalu menjaga kebersihan dan penampilan. Diwajibkan memakai tanda
pengenal (name tag) selama bertugas. Bagi karyawan pria agar
selalu bercukur. Tidak diperkenakan memelihara kumis atau jenggot selama
bertugas. Bagi traine wanita berambut panjang sebaiknya rambut diikat rapi
dengan jepit berupa pita warna hitam. Traine wanita yang bekerja di front
office dan FB service departemen diwajibkan menggunakan stocking warna abu-abu
gelap.
ø Traine hanya menggunakan
toilet atau kamar mandi di loker karyawan/ti atau mushola.
ø Segala barang yang keluar
dari hotel harus diperiksa pihak security, termasuk tas dan barang-barang
bawaan lainnya. Tidak dibenarkan membawa barang milik perusahaan tanpa izin.
ø Telepon yang masuk untuk
traine akan diterima di personalia departemen, kemudian pesan yang disampaikan
akan diteruskan pada traine yang bersangkutan.
ø Traine berhak mendapat
istirahat 1(satu) kali selama satu jam dalam tiap shift. Waktu istirahat yang
dipergunakan untuk makan (di kamar staff) dan shalat bagi yang menjalankan.
Kebersihan dan kerapihan kantin serta peralatan makan menjadi tanggung jawab
setiap traine, tidak dibenarkan membawa peralatan makan keluar dari kantin.
ø Waktu beribadah di luar jam
istirahat diizinkan dengan persetujuan supervisor yang bertugas.
ø Traine hanya dibenarkan
menggunakan lift khusus karyawan kecuali bila berhubungan dengan tugas,
(misalnya bellboy)
ø Tidak dibenarkan memasuki
kamar tamu tanpa seizing kepala departemen kecuali sedang dalam usaha
pelayanan.
ø Tidak diperkenakan
mengunyah permen karet selama bertugas.
ø Bila traine menemukan
barang yang hilang atau tertinggal, harus menyerahkan barang temuan tersebut
kebagian lost & found di housekeeping departemen atau melaporkan kebagian
security tanpa mempertimbangkan jenis barang maupun nilainya.
ø Dilarang memiliki dan atau
menggunakan obat-obat terlarang, narkotika atau minuman yang mengandung alcohol
didalam lingkungan perusahaan. Apalagi bertugas dibawah pengaruh zat tersebut.
ø Dilarang membawa atau
memiliki senjata api atau senjata tajam yang tidak digunakan untuk bertugas.
ø Ketidakjujuran,
penggelapan, penipuan, pencurian, barang-barang milik perusahaan atau milik
orang lain sangat dilarang dan dapat mengakibatkan perhentian masa training.
ø Dilarang mencoret-coret
atau melakukan perbuatan lain yang dapat menimbulkan kerusakan bangunan ataupun
peralatan perusahaan.
ø Dilarang mengkonsumsi
makanan ataupun minuman yang disediakan untuk tamu atau memberikan makanan atau
minuman kepada keluarga atau teman.
ø Dilarang melakukan hal-hal
asusila atau hal-hal tidak senonoh dilingkungan hotel.
ø Dilarang bertingkah laku
tidak pada tempatnya misalnya berlari-lari, berteriak-teriak, tertawa
keras-keras diarea kerja.
ø Tidak dibenarkan secara
langsung maupun tidak langsung meminta ‘’Tip’’ dari para tamu perusahaan.
ø Tidak dibenarkan menunjukan
sikap atau sifat tidak terpuji kepada pelanggan, tamu perusahaan atau teman
kerja.
ø Tidak dibenarkan tidur saat
bertugas.
ø Dilarang merokok diarea
kerja.
ø Dilarang memulai atau terlibat
perkelahian dengan sesama trine, karyawan lain, atasan maupun kepada
departemen.
ø Dilarang menceritakan
rahasia perusahaan atau mencemarkan nama baik pimpinan perusahaan dan
keluarganya yang seharusnya dirahasiakan.
BAB III
PEMBAHASAN
3.1
Deskripsi Kegiatan Room Attandent
Room
attandent adalah : Orang yang bertanggung jawab dalam melaksanakan
kegiatan
menciptakan menjaga kebersihan,merawat fasilitas,menata,merapihkan perlengkapan dalam
guest room serta memberikan pelayanan terhadap kebutuhan tamu menginap sesuai dengan
standar operasional dan prosedur perusahaan.Tugas dan tanggung jawab sebagai berikut :
menciptakan menjaga kebersihan,merawat fasilitas,menata,merapihkan perlengkapan dalam
guest room serta memberikan pelayanan terhadap kebutuhan tamu menginap sesuai dengan
standar operasional dan prosedur perusahaan.Tugas dan tanggung jawab sebagai berikut :
ø Datang 15 menit sebelum bertugas, memakai
uniform lengkap dan merapikan
diri, dan langsung absen menggunakan sidik jari.
diri, dan langsung absen menggunakan sidik jari.
ø Menghadiri
briefing housekeeping dan melakukan serah terima pekerjaan seperti :
- menerima lembaran penugasan (room assignment).
- menerima dan membaca buku harian roomboy report
- serah terima kunci kamar
- menerima lembaran penugasan (room assignment).
- menerima dan membaca buku harian roomboy report
- serah terima kunci kamar
ø Menerima
arahan dan bimbingan dari atasan terhadap cara kerja yang sistematis
efektif dan efisien.
efektif dan efisien.
ø Menerima
dan melaksanakan tugas terhadap pekerjaan yang harus dikerjakan dari atasan.
ø Melakukan
preparing dengan baik seperti :
- membersihkan trolly dan menata peralatan kerja dan menata perlengkapan guest room :
linen room dan guest supliess untuk kelancaran kerja.
- membersihkan trolly dan menata peralatan kerja dan menata perlengkapan guest room :
linen room dan guest supliess untuk kelancaran kerja.
ø Memeriksa
seluruh kamar yang menjadi tanggung jawab dan menuliskan status kamar pada room assignment
sheet.
ø Memeriksa
dengan teliti atas kamar kamar yang akan digunakan hari ini berdasarkan expected
arrival list dari FO.
ø Melaporkan
kerusakan yang terjadi dalam guest room pada atasan atau departemen terkait untuk
langsung diperbaiki (jika ada).
ø Melaporkan
lost and found / barang tamu yang tertinggal pada atasan (jika ada)
sesuai dengan standar operasional dan prosedur perusahaan.
sesuai dengan standar operasional dan prosedur perusahaan.
ø Membersihkan
guest room dan memberikan pelayanan atas segala kebutuhan tamu yang
menginap sesuai dengan standar operasional dan prosedur perusahaan.
menginap sesuai dengan standar operasional dan prosedur perusahaan.
ø Melaksanakan
dan menjalankan prosedur keselamatan,keamanan,hygenis dan sanitasi
untuk kepentingan tempat kerja,diri sendiri,rekan kerja dan tamu.
untuk kepentingan tempat kerja,diri sendiri,rekan kerja dan tamu.
ø Mendokumentasikan
kegiatan dan hasil pekerjaan hari ini, seperti :
- mengisi atau mencatat pada room assigment sheet tentang laporan status kamar dan
pemakaian serta penggantian linen dan perlangkapan di kamar.
- mengisi atau mencatat pada room assigment sheet tentang laporan status kamar dan
pemakaian serta penggantian linen dan perlangkapan di kamar.
ø Merapikan trolley dan membersihkan pantry jika
kegiatan pembersihan kamar sudah selesai.
ø
Menyerahkan kembali
room assigment sheet kepada atasan.
3.2
Alat-Alat Yang Digunakan
ø Floor
broom
ø Mop
ø Dushpen
ø Cady
ø Toilet
bowl brush
ø Sponge
ø Ped
ø Hand
brush
ø Bottle
sprayer
ø Woser
ø Squis
3.3 Cairan Pembersih
ø Chips : sebagai pengkilap staainlees stail
ø Glass Cleaner : sebagai pembersih kaca
ø MPC : sebagai pembersih toilet bowl dan
washbasin
ø Air freesner : sebagai
pengharum ruangan
ø Sumainok : sebagai
pelapis stainless stail
3.4 Perlengkapan dan Fasilitas Kamar
Wardrobe
:
ø 2
Kimono/Yukata
ø 10 Hanger
ø 1
Laundry bag
ø 1
Laundry list
ø 1
SDB (Safety deposit box)
ø 2
Pasang Slipper
TV
ø TV
table
-
TV Chanel
-
Remote
-
Room Directory
-
DnD Side
Cofee
Table
ø Mirror
ø 2
High ball
ø 2
Mug
ø Electrik
ketel/jug
ø Tray
-
2 sweetener
-
2 gula
-
2 kopi
-
2 lipton yellow tea
-
2 decafein
ø Mini
Bar
-
Mini bar list
Dressing
Table
ø Drower
-
2 Head lether
-
2 Amvelope
ø Reading
lamp
ø Astray/Asbak
(Smoking room)
Bed
Side Table
ø Telephone
ø Note
Pad
ø Pencil/Pulpen
ø Plant
for The Planet Card
Bathroom
ø Washbasin
ø Shower
ø Toilet
Bowl
ø 2
mineral water
ø 2
Bath towel
ø 1
hand towel
ø 1
bath mat
ø 1
tissue roll
ø 1
tissue box
ø 1
soap
ø 2
tooth brush
ø 1
vanity kit
ø 1
shower cap
ø 1
disposal bag/sanitary bag
ø 1
samphoo
ø 1
bath gel
ø 1
body lotion
Langkah-Langkah
Pembersihan Kamar
ø Entering guest room
Mengetuk
pintu 3 kali dengan menyebutkan department/identitas/greeting. Jika tidak ada
jawaban, buka pintu menggunakan kunci cadangan dan buka secara perlahan.
ø Chek Electrik City
Masukan keytag ke tempatnya, dan hidupkan
semua lampu untuk memastikan tidak ada yg mati atau rusak. Setelah selesai,
matikan AC dan semua lampu yg hidup kecuali lampu yang berada di bathroom.
ø Open
Curtain
Buka korden agar cahaya matahari dapat masuk
ke kamar, selain itu juga untuk memastikan tidak ada kaca yang pecah
ø Striping
Sampah
Buang semua sampah yang berada di kamar ke Dump
Humper, agar mempermudah kita saat melalukan pembersihan kamar.
ø Striping Bed
-
Sebelum tempat tidur ditata dengan linen yang
bersih, linen yang telah di pakai harus di buka satu persatu dengan baik.
Setiap membuka linen dari tempat tidur harus di kibaskan untuk melihat kalau
ada barang tamu yang terselip dalam linen.
-
Buka pillow case, dan letakkan pillow itu
diatas Sofa yang terdekat dengan tempat tidur.
-
Buka duve cover, lipat inner duve dan letakan
di atas sofa
ø Making Bed
Prosedur making bed adalah sebagai berikut :
-
Ambil sheet, duve cover, dan pillow case yg
sesuai dengan ukuran bed.
-
Tarik bed ke posisi yang baik untuk
memudahkan proses making bed.
-
Tebarkan sheet pertama dengan jahitan
menghadap ke bawah dan permukaan yang halus berada di atas dengan posisi tepat
di atas bed dan juntaian kanan – kiri dan atas bawah harus seimbang. Masukkan
sisa sheet di samping bed ke dalam bed dengan sudut antara 45 atau 90°
ø Tebarkan duve cover di atas sheet tadi, dan masukan inner
duve kedalam duve cover dari samping. Kibaskan duve agar tidak ada yang
menggelembung dan rapikan pinggirannya
ø Lipat bagian atas kira-kira selebar 40cm, masukan duve
bagian bawah ke bed dan lipat bagian kanan dan kiri dengan sudut antara 45 atau
90o.
ø Dorong bed ke posisi semula.
ø Masukan pillow ke dalam pillow case, pasang dengan posisi
berdiri dan sedikit dimiringkan.
ø Pasang pillow decoration di depan pillow.
ø Terakhir pasang bed runner di bagian bawah.
Cleaning Bathroom
ø Buang semua sampah yang berada di bathroom ke damp humper.
ø Ambil cady dan bawa ke bathroom.
ø Cuci semua gelas kotor (jika ada)di wash basin dan
langsung di keringkan.
ø Gosok keran dan shower yg terbuat dari stailess stail
menggunakan cairan chips dan spon kasar (scote brite) hingga mengkilap dan
bilas menggunakan air.
ø Gosok washbasin menggunakan MPC dan spon kasar (scote
brite)
ø Sikat toilet bowl menggunakan cairan MPC dan toilet bowl
brush, bila perlu langsung menggunakan tangan dan spon kasar (scote brite)
ø Sikat lantai dan dinding bathroom menggunakan hand brush
dan MPC, setelah selesai bilas menggunakan air.
ø Semprot permukan kaca dengan glass cleaner, ratakan
menggunakan woser dan tarik sisa-sisa kotoran menggunakan squis.
ø Buka drain (saluran pembuangan) tarik sisa-sisa cairan
pembersih dan air yg berada di lantai bathroom menggunakan squis ke drain.
ø Keringkan bathroom menggunakan lap khusus.
ø Lengkapi semua guest supplies yg berada di bathroom.
Dusting
ø Damp dusting :
Damp
dusting adalah mengelap menggunakan lap yang lembab, dengan tehnik searah jarum
jam dan dari atas ke bawah. Dimulai dari belakang pintu, wardrobe, coffee table
dan seterusnya.
ø Dry dusting :
Dry
dusting adalah mengelap menggunakan lap kering, dengan tehnik dari atas ke
bawah. Digunakan untuk mendusting permukaan kaca.
ø Pada saat dusting, langsung merapikan room facilities dan
melengkapi room facilities yg kurang.
Sweeping
ø Sapu dari pojok terjauh dengan pintu masuk, terutama di
belakang korden, bawah sofa, kursi, bed side table dan luggage rak.
Moping
ø Moping/ngepel dilakukan dari pojok terjauh dan dilakukan
dengan tehnih menarik kotoran yg tersisa seperti debu dan serpihan-serpihan.
Double Chek
ø Chek semua kelengkapan kamar, dan jangan sampai
meninggalkan alat-alat di kamar. Jika dirasa sudah lengkap tutup pintu dan isi
assignment sesuai dengan nomer kamar dan semua yg diganti.
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan dan Saran
ø Kesimpulan
ø Dari Pelaksanaan Praktek
Kerja Industri, penulis dapat menyimpulkan bahwa dengan adanya Praktek Kerja
Industri sebagai salah satu kurikulum yang wajib diikuti, penulis dapat
mempraktekkan teori dan praktek yang di dapat di Sekolah di industri, sehingga
penulis dapat membandingkan dan menambah ilmu yang kurang dari pelaksanaan
Praktek Kerja Indsutri tersebut.
ø Bahwa dalam Praktek Kerja
Industri yang dilakukan di industri memiliki manfaat yang sangat besar bagi
penulis sebagai jenjang dalam meniti karier di bidang pariwisata dan
perhotelan, sebab dengan melaksanakan training di industri, penulis bisa
mengetahui segala sesuatu yang ada di hotel dan apa yang di lakukan di
hotel
ø Selain itu, melalui Praktek
Kerja Industri juga membuat penulis menjadi tahu bagaimana cara melayani tamu
dengan baik, dan mengetahui standar minimum yang harus diketahui dalam bekerja.
Dari Praktek Kerja Industri ini juga penulis mengetahui bagaimana caranya
bekerja dengan cepat dan tepat.
ø Saran
Demi perkembangan dan kemajuan pelaksanan On
The Job Training, maka penulis
memberikan sedikit saran-saran sebagai berikut :
memberikan sedikit saran-saran sebagai berikut :
ø Ditingkatkan suasana kerja yang kompak dan kekeluargaan.
ø Melaksanakan On The Job Training dengan penuh semangat
dan total, sehingga setelah selesai nanti benar-benar mendapatkan hasil yang
maksimal pula, Mempertahankan serta meningkatkan pelayanan kepada tamu.
ø Sebagai seorang trainee
sebaiknya digunakan sebaik mungkin sebagai tempat bertanya dan belajar banyak
hal mengenai dunia industri pehotelan dan paiwisata
ø Sebaiknya semua trainee
selalu disiplin dalam hal mentaati semua aturan yang berlaku di hotel.
ø Sebaiknya management tidak
memaksakan kehendak untuk memanfaatkan tenaga trainee untuk sistem kerja
overtime.
ø Sebaiknya management tidak
melarang kewajiban trainee, seperti kegiatan gathering ketika tenaga trainee
dibutuhkan pada saat occupancy tinggi.
Tag :
Pengalaman
3 Komentar untuk "Laporan Training Housekeeping Department di Mercure Bali Harvestland Kuta"
terima kasih admin blog ini,informasinya sangat berguna, Semoga sukses terus ya min :)
makasih infonya min...
mantap
Berkomentarlah dengan sopan,dilarang meninggalkan link aktif di komentar. jika ada link aktif di komentar akan segera saya hapus.
"Trimakasih''