Laporan Training Housekeeping Department di Mercure Bali Harvestland Kuta












LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN

HOUSE KEEPING DEPARTMENT







SMK PGRI 3 DENPASAR



NAMA : I KD ERIK JUNIARMADI

KLS      : XI AP 4

NO        : 19


 

KATA PENGANTAR
Om Swastiastu.
        Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan YME yang telah memberikan jalan dan kemudahannya dalam pembuatan Laporan Praktek Kerja Indrustri di Mercure Bali Harvestland Kuta, sehingga penulis dapat menyelesaikan dengan tepat pada waktunya yang berjudul “Praktek Kerja Indrustri di Mercure Bali Harvestland Kuta” Selama Bulan Juni 2013 – November 2013. Penulisan laporan  ini bertujuan sebagai syarat kenaikan ke kelas 3. Penulis meyadari akan kekurangan dan keterbatasan kemampuan dalam hal pembuatan laporan ini dengan sempurna, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang dapat memberikan masukan – masukan berguna sebagai wujud menutupi kekurangan dalam pembuatan makalah ini. dalam kesempatan ini penulis ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada yang terhormat :
1.      Bapak Nengah Karji selaku ketua pelaksana prakrin dan Bapak Agung Dharma selaku panitia pelaksana prakrin.
2.      Ibu Ina selaku HRD Mercure Bali Harvestland Kuta yang telah memberikan kesempatan untuk training di Mercure Bali Harvestland Kuta.
3.      Bapak Nur Chairi dan Bapak Sutrisno selaku Supervisor house keeping dan assistant supervisor, yang telah membimbing dan memberikan masukan di lapangan.
4.      Para Leader Housekeeper, Adhe, Budi, Dodi, Alit, Khairi, Tikno dan para Senior Nengah, Pasek, Sigit’s, Teguh, Kasim, Hasan, Mahariana yang selalu membimbing, mengajari dan membantu training di lapangan.
5.      Semua teman-teman training yg akan selalu saya ingat jika tidak hilang ingatan, Risky, Ari, Eka, Adi A, Dessy, Eta, Andriani yg selalu membantu di saat saya kesusahan dan pihak yang telah membantu hingga terselesainya laporan ini.
Dalam pelaksanaan praktek kerja dan menyusun laporan praktek kerja lapangan (training) masih banyak kekurangan, oleh karena itu. Kritik dan saran untuk kemajuan sangat penulis harapkan. Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi kami dan pembaca pada khususnya.
Om Santih, Santih, Santih, Om.
Denpasar, 25 November 2013

(I KD ERIK JUNIARMADI)
DAFTAR ISI
Kata Pengantar............................................................................................................1
Daftar Isi.................................................................................................................... 2
BAB I PENDAHULUAN
         1.1 Latar belakang.................................................................................................. 3
         1.2 Tujuan Praktek Kerja Lapangan....................................................................... 3
         1.3 Manfaat Praktek Kerja Lapangan.................................................................... 3
    1.4 Waktu dan Tempat Pelaksanaan....................................................................... 4

BAB II GAMBARAN UMUM
     2.1 Sejarah Singkat Mercure Bali Harvestland Kuta............................................. 5
     2.2 Struktur Organisasi.......................................................................................... 5
     2.3 Department yang ada di Mercure Bali Harvestland Kuta............................... 6
     2.4 Hubungan Department House Keeping dan Department Lain....................... 7
     2.5 Lokasi dan Fasilitas Hotel............................................................................... 8
     2.6 Tata Tertib Kerja di Mercure Bali Harvestland Kuta...................................... 9

BAB III PEMBAHASAN
     3.1 Deskripsi Kegiatan Room Attandent............................................................ 12
     3.2 Alat-Alat yang Digunakan............................................................................ 13
     3.3 Cairan Pembersih (Chemical)........................................................................ 13
     3.4 Perlengkapan dan Fasilitas Kamar................................................................. 13
     3.5 Langkah-Langkah Pembersihan Kamar......................................................... 14
BAB IV PENUTUP
      4.1 Kesimpulan dan Saran.................................................................................. 17







BAB I
PENDAHULUAN

1.2 Latar belakang

                 Praktik kerja industri merupakan salah satu mata pelajaran dalam kurikulum yang wajib di ikuti oleh seluruh siswa Sekolah Pariwisata Bali. Praktik kerja industri ini merupakan suatu kegiatan yang dilakukan di luar sekolah untuk menambah pengetahuan siswa tentang dunia industri agar dapat mempraktekkan seluruh teori yang diperoleh di sekolah di dunia industri.
                 Di dalam bidang pariwisata dan perhotelan, pengetahuan teori dan praktek yang di pelajari di sekolah harus di tunjang dengan praktek yang di lakukan di dunia industri, dalam hal ini dilakukan dalam bentuk praktik kerja industri. Dari pelaksanaan praktik kerja industri ini, siswa dapat menerapkan teori dan praktek yang dapat mendukung pelaksanaan di dunia industri serta siswa dapat membandingkan teori dan praktek yang di dapat disekolah dengan praktik kerja industri di dunia industri. Sehingga diharapkan akan sangat besar pengaruhnya dalam usaha peningkatan kemampuan serta profesionalisme kerja guna mempersiapkan diri untuk berhadapan langsung dalam dunia pariwisata khususnya perhotelan.
1.2 Tujuan Praktek Kerja Lapangan
Adapun tujuan  dari pelaksanaan praktik kerja industri adalah sebagai berikut :
*      Sebagai salah satu syarat naik ke kelas 3 dan kelulusan yang harus di tempuh selama mengikuti pelajaran di SMK PGRI 3 Denpasar.
*      Untuk menerapkan teori dan praktek yang dapat mendukung pelaksanaan di dunia industri.
*      Mampu mengembangkan dan meningkatkan keterampilan, pengetahuan dan sikap kerja yang baik dalam melaksanakan tugas- tugasnya serta mengenal kondisi kerja di lapangan.

1.3 Manfaat Praktek Kerja Lapangan
Adapun manfaat- manfaat yang diharapkan dalam pelaksanaan Praktik Kerja Industri adalah sebagai berikut :
*      Dapat menambah wawasan dan pengetahuan mengenai bidang tugas yang sedang dijalani.
*      Dapat menerapkan teori maupun praktek yang di peroleh di sekolah dan menbandingkannya dengan situasi kerja sesungguhnya.
*      Mendapatkan pengalaman baru di dunia industri perhotelan yang sesungguhnya.
*      Dapat belajar dalam membina suatu hubungan kerja yang baik.
*      Meningkatnya kemampuan berbahasa asing, terutama bahasa Inggris.

1.4 Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Waktu pelaksanaan training ini dimulai pada tanggal 25 juni 2013 sampai dengan tanggal 25 November 2013 dan tempat pelaksanaan On The Job training adalah di Hotel Mercure Bali Harvestland Kuta.










BAB II
GAMBARAN UMUM

2.1 Sejarah Singkat Mercure Bali Harvestland Kuta

???

2.2 Struktur Organisasi
???




2.3 Department Yang Ada di Mercure Bali Harvestland kuta
Hotel Mercure Bali Harvestland Kuta dalam pengelolaan usahanya memberikan pelayanan yang terdiri dari beberapa departemen yaitu :
*      FRONT OFFICE DEPARTEMENT
Fungsi dari Front Office Departemen adalah menjual kamar dan memberikan jasa seperti :
ø  Menyiapkan pelayanan informasi hotel.
ø  Melayani tamu (check in / check out ).
ø  Menyiapkan administrasi.
Front office ini merupakan kantor depan yang secara langsung bertemu dengan tamu hotel. Disamping itu front office juga merupakan pendukung kemajuan dan kelancaran suatu hotel.
ø  HOUSEKEEPING DEPARTEMENT
Housekeeping adalah suatu departemen yang tuganya mengatur serta merawat kebersihan, keindahan, kenyamanan serta keamanan di area hotel sehingga dapat member arti bagi tamu hotel.
ø  ACCOUNTING DEPARTEMENT
Adalah department yang bertanggung jawab atas kerja bagian keuangan. Adapun fungsi dari accounting adalah pengaturan pemasukan dan pengeluaran keuangan hotel.
ø  MARKETING DEPARTEMENT
Departemant ini bertugas mempromosikan hotel agar lebih dikenal, baik itu kamar, harga kamar, fasilitas maupun sarana lainnya.
ø  ENGINEERING DEPARTEMENT
Department ini yang menangani dekorasi atau menghias serta untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan disekitar hotel yang memerlukan tenaga-tenaga ahli terutama untuk perbaikan listrik dan elektronika.
ø  PERSONALIA DEPARTEMENT
Department ini bergerak di bagian penerimaan calon pegawai baru dan member training kepada pegawai dalam jangka waktu tertentu.



2.4 Hubungan Department House Keeping dan Department Lain
ø  Hubungan bagian Housekeeping dengan bagian Front Office
ø  Housekeeping dan Front office merupakan room division yang saling terkait dalam proses  penyiapan dan penjualan kamar-kamar.
ø  Housekeeping menyimpan dan membuat  laporan Lost & found dan konfirmasikan pada
Front office.
ø  Housekeeping melaporkan status kamar yang sebenarnya pada Front office.
ø  Housekeeping menyiapkan kamar-kamar dan konfirmasi pada Front office bahwa kamar
 siap dijual.
ø  Front office mengirimkan laporan kamar-kamar occupied pada Hoousekeeping.
ø  Front office menginformasikan kamar-kamar baru chek-in pada Housekeeping.
ø  Front office menginformasikan kamar-kamar Chek-out maupun daftar akan Chek-out
 pada Housekeeping.
ø  Front office meginformasikan kamar-kamar Change room pada Housekeeping.
ø  Front office membuat laporan perbedaan room status ( room descripancy ) pada Housekeepping
ø  Front office mengimformasikan permintaan extra dan complain dari tamu  pada Hoousekeeping.

ø  Hubungan bagian Housekeeping dengan bagian Binatu ( laundry )
ø  Hubungan ini meliputi pengambilan dan serah terima Guest laundry,linen-linen,uniform kotor dan bersih dan saling menkofirrmasikan tentang keluhan pencucian.

ø  Hubungan bagian Housekeeping dengan bagian Enggenering
ø  Hubungan ini erat sekali karena menyangkut  operasional hotel dalam hal pemeliharaan dan perbaikan peralatan dan fasilitas hotel terutama yang digunakan untuk kepentingan tamu.

*      Hubungan bagian Housekeeping dengan bagian Puchasing
ø  Hubungan ini dalam hal pembelian peralatan dan perlengkapan yang sesuai dengan operasional Housekeeping.

*      Hubungan bagian Housekeeping dengan bagian HRD
ø  Berupa urusan kepegawaian seperti permintaan tenaga kerja,pelantikan pegawai, program training,gaji,tunjangan,cuti pegawai,urusan jaminan social dan lain-lain.

*      Hubungan bagian Housekeeping dengan bagian Security
ø  Hubungan ini meliputi pelaporan dan pengawasan keamanan dan keselamatan dalam hotel  terutama kamar-kamar dan public area serta barang-barang milik tamu.

*      Hubungan bagian housekeeping dengan bagian Food and bavarage
ø  Hubungannya berkaitan dengan pelayanan room service,menu dikamar,clear up dan FB product menyiapkan makanan untuk karyawan.


2.4 Lokasi dan Fasilitas Hotel
*      Alamat dan Lokasi
Alamat : Jln By Pass Ngurah Rai No. 8 Simpang Siur, Kuta 80361
Telp : (62) 361 750 483 Fax : (62) 361 750 482
Website : www.mercurebaliharvestlandkuta.com

*      Fasilitas Hotel

ø  166 Kamar
Mercure Bali Harvestland Kuta terdiri dari 166 kamar. Untuk mengetahui jenis-jenis kamar di Mercure Bali Harvestland Kuta secara lengkap sebagai berikut.
Lantai
Standar Room
Exsecutive King Room
Exsekutive Twin Room
Junior Suites
Suites Room
President Suites
SPA
Jumlah Kamar
1
42
4
1
2
-
-
2
51
2
53
-
-
2
-
-
-
55
3
53
-
-
2
-
-
-
55
5
-
-
-
-
4
1

5
JUMLAH KAMAR
166



ø   Meetting Rooms
ø   Roots Restaurant
ø   Harvestland Club Lounge
ø   Swimming Pool
ø   Odiseus Spa
ø   Fitness Center
ø   Non-smoking rooms
ø   24 hours Room Service
ø   24 hours Laundry
ø   Free WiFi & Internet Connection
ø   Free Parking
ø   Business Center
ø   Free Shuttle Service to Kuta Beach
ø   Harvestland Ballroom









2.5 Tata Tertib Kerja di Mercure Bali Harvestland Kuta

ø  TATA TERTIB KEHADIRAN
ø  Jadwal/schedule training diatur oleh masing-masing bagian di deparemen yang bersangkutan.
ø  Traine melakukan absent di timekeeping-security office dilakukan dalam kondisi berseragam.
ø  Keterlambatan masuk kerja mencapai 15 (lima belas) menit atau lebih dianggap melanggar tata tertib kecuali telah diberitahukan kepada atasan.
ø  Ketidakhadiran karena sakit wajib disertai surat keterangan sakit dari dokter yang berwenang.
ø  Ketidakhadiran karena hal-hal diluar sakit dibenarkan dengan pemberitahuan dan izin sebelumnya dari mentor.
ø  Ketidakhadiran 3 hari kerja berturut-turut tanpa keterangan apapun dianggap melalaikan pekerjaan dan dapat dikenakan sanksi berupa perhentian masa traine.



ø  TATA TERTIB UMUM
ø  Seragam disediakan di hotel termasuk fasilitas pencucian seragam, namun setiap traine bertanggung jawab terhadap kondisi seragam tersebut.
ø  Traine diwajibkan untuk selalu menjaga kebersihan dan penampilan. Diwajibkan memakai tanda pengenal (name tag) selama bertugas. Bagi karyawan pria agar selalu bercukur. Tidak diperkenakan memelihara kumis atau jenggot selama bertugas. Bagi traine wanita berambut panjang sebaiknya rambut diikat rapi dengan jepit berupa pita warna hitam. Traine wanita yang bekerja di front office dan FB service departemen diwajibkan menggunakan stocking warna abu-abu gelap.
ø  Traine hanya menggunakan toilet atau kamar mandi di loker karyawan/ti atau mushola.
ø  Segala barang yang keluar dari hotel harus diperiksa pihak security, termasuk tas dan barang-barang bawaan lainnya. Tidak dibenarkan membawa barang milik perusahaan tanpa izin.
ø  Telepon yang masuk untuk traine akan diterima di personalia departemen, kemudian pesan yang disampaikan akan diteruskan pada traine yang bersangkutan.
ø  Traine berhak mendapat istirahat 1(satu) kali selama satu jam dalam tiap shift. Waktu istirahat yang dipergunakan untuk makan (di kamar staff) dan shalat bagi yang menjalankan. Kebersihan dan kerapihan kantin serta peralatan makan menjadi tanggung jawab setiap traine, tidak dibenarkan membawa peralatan makan keluar dari kantin.
ø  Waktu beribadah di luar jam istirahat diizinkan dengan persetujuan supervisor yang bertugas.
ø  Traine hanya dibenarkan menggunakan lift khusus karyawan kecuali bila berhubungan dengan tugas, (misalnya bellboy)
ø  Tidak dibenarkan memasuki kamar tamu tanpa seizing kepala departemen kecuali sedang dalam usaha pelayanan.
ø  Tidak diperkenakan mengunyah permen karet selama bertugas.
ø  Bila traine menemukan barang yang hilang atau tertinggal, harus menyerahkan barang temuan tersebut kebagian lost & found di housekeeping departemen atau melaporkan kebagian security tanpa mempertimbangkan jenis barang maupun nilainya.
ø  Dilarang memiliki dan atau menggunakan obat-obat terlarang, narkotika atau minuman yang mengandung alcohol didalam lingkungan perusahaan. Apalagi bertugas dibawah pengaruh zat tersebut.
ø  Dilarang membawa atau memiliki senjata api atau senjata tajam yang tidak digunakan untuk bertugas.
ø  Ketidakjujuran, penggelapan, penipuan, pencurian, barang-barang milik perusahaan atau milik orang lain sangat dilarang dan dapat mengakibatkan perhentian masa training.
ø  Dilarang mencoret-coret atau melakukan perbuatan lain yang dapat menimbulkan kerusakan bangunan ataupun peralatan perusahaan.
ø  Dilarang mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang disediakan untuk tamu atau memberikan makanan atau minuman kepada keluarga atau teman.
ø  Dilarang melakukan hal-hal asusila atau hal-hal tidak senonoh dilingkungan hotel.
ø  Dilarang bertingkah laku tidak pada tempatnya misalnya berlari-lari, berteriak-teriak, tertawa keras-keras diarea kerja.
ø  Tidak dibenarkan secara langsung maupun tidak langsung meminta ‘’Tip’’ dari para tamu perusahaan.
ø  Tidak dibenarkan menunjukan sikap atau sifat tidak terpuji kepada pelanggan, tamu perusahaan atau teman kerja.
ø  Tidak dibenarkan tidur saat bertugas.
ø  Dilarang merokok diarea kerja.
ø  Dilarang memulai atau terlibat perkelahian dengan sesama trine, karyawan lain, atasan maupun kepada departemen.
ø  Dilarang menceritakan rahasia perusahaan atau mencemarkan nama baik pimpinan perusahaan dan keluarganya yang seharusnya dirahasiakan.



BAB III
PEMBAHASAN
3.1 Deskripsi Kegiatan Room Attandent
Room attandent adalah : Orang yang bertanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan
menciptakan menjaga kebersihan,merawat fasilitas,menata,merapihkan perlengkapan dalam
guest room serta memberikan pelayanan terhadap kebutuhan tamu menginap sesuai dengan
standar operasional dan prosedur perusahaan.Tugas dan tanggung jawab sebagai berikut : 
ø  Datang 15 menit sebelum bertugas, memakai uniform lengkap dan merapikan 
diri, dan langsung absen menggunakan sidik jari.
ø  Menghadiri briefing housekeeping dan melakukan serah terima pekerjaan seperti :
   - menerima lembaran penugasan (room assignment).
   - menerima dan membaca buku harian roomboy report
   - serah terima kunci kamar
ø  Menerima arahan dan bimbingan dari atasan terhadap cara kerja yang sistematis
   efektif dan efisien.
ø  Menerima dan melaksanakan tugas terhadap pekerjaan yang harus dikerjakan dari atasan.
ø  Melakukan preparing dengan baik seperti :
   - membersihkan trolly dan menata peralatan kerja dan menata perlengkapan guest room :
     linen room dan guest supliess untuk kelancaran kerja.
ø  Memeriksa seluruh kamar yang menjadi tanggung jawab dan menuliskan status kamar pada room assignment sheet.
ø  Memeriksa dengan teliti atas kamar kamar yang akan digunakan hari ini berdasarkan expected arrival list dari FO.
ø  Melaporkan kerusakan yang terjadi dalam guest room pada atasan atau departemen terkait untuk langsung diperbaiki (jika ada).
ø  Melaporkan lost and found / barang tamu yang tertinggal pada atasan (jika ada)
   sesuai dengan standar operasional dan prosedur perusahaan.
ø  Membersihkan guest room dan memberikan pelayanan atas segala kebutuhan tamu yang
   menginap  sesuai dengan standar operasional dan prosedur perusahaan.
ø  Melaksanakan dan menjalankan prosedur keselamatan,keamanan,hygenis dan sanitasi
     untuk kepentingan tempat kerja,diri sendiri,rekan kerja dan tamu.
ø  Mendokumentasikan kegiatan dan hasil pekerjaan hari ini, seperti :
     - mengisi atau mencatat pada room assigment sheet tentang laporan status kamar dan
       pemakaian serta penggantian linen dan perlangkapan di kamar.
ø  Merapikan trolley dan membersihkan pantry jika kegiatan pembersihan kamar sudah selesai.
ø  Menyerahkan kembali room assigment sheet kepada atasan.




3.2 Alat-Alat Yang Digunakan


ø  Floor broom
ø  Mop
ø  Dushpen
ø  Cady
ø  Toilet bowl brush
ø  Sponge
ø  Ped
ø  Hand brush
ø  Bottle sprayer
ø  Woser
ø  Squis



3.3  Cairan Pembersih
ø  Chips : sebagai pengkilap staainlees stail
ø  Glass Cleaner : sebagai pembersih kaca
ø  MPC : sebagai pembersih toilet bowl dan washbasin
ø  Air freesner : sebagai pengharum ruangan
ø  Sumainok : sebagai pelapis stainless stail

3.4  Perlengkapan dan Fasilitas Kamar


*      Wardrobe :


ø  2 Kimono/Yukata
ø  10 Hanger
ø  1 Laundry bag
ø  1 Laundry list
ø  1 SDB (Safety deposit box)
ø  2 Pasang Slipper



*      TV


ø  TV table
-          TV Chanel
-          Remote
-          Room Directory
-          DnD Side



*      Cofee Table


ø  Mirror
ø  2 High ball
ø  2 Mug
ø  Electrik ketel/jug
ø  Tray
-          2 sweetener
-          2 gula
-          2 kopi
-          2 lipton yellow tea
-          2 decafein
ø  Mini Bar
-          Mini bar list





*      Dressing Table


ø  Drower


-          2 Head lether
-          2 Amvelope
ø  Reading lamp
ø  Astray/Asbak (Smoking room)







*      Bed Side Table
ø  Telephone
ø  Note Pad
ø  Pencil/Pulpen
ø  Plant for The Planet Card


*      Bathroom


ø  Washbasin
ø  Shower
ø  Toilet Bowl
ø  2 mineral water
ø  2 Bath towel
ø  1 hand towel
ø  1 bath mat
ø  1 tissue roll
ø  1 tissue box
ø  1 soap
ø  2 tooth brush
ø  1 vanity kit
ø  1 shower cap
ø  1 disposal bag/sanitary bag
ø  1 samphoo
ø  1 bath gel
ø  1 body lotion



*      Langkah-Langkah Pembersihan Kamar
ø  Entering guest room
Mengetuk pintu 3 kali dengan menyebutkan department/identitas/greeting. Jika tidak ada jawaban, buka pintu menggunakan kunci cadangan dan buka secara perlahan.

ø  Chek Electrik City
Masukan keytag ke tempatnya, dan hidupkan semua lampu untuk memastikan tidak ada yg mati atau rusak. Setelah selesai, matikan AC dan semua lampu yg hidup kecuali lampu yang berada di bathroom.

ø  Open Curtain
Buka korden agar cahaya matahari dapat masuk ke kamar, selain itu juga untuk memastikan tidak ada kaca yang pecah

ø  Striping Sampah
Buang semua sampah yang berada di kamar ke Dump Humper, agar mempermudah kita saat melalukan pembersihan kamar.

ø  Striping Bed
-          Sebelum tempat tidur ditata dengan linen yang bersih, linen yang telah di pakai harus di buka satu persatu dengan baik. Setiap membuka linen dari tempat tidur harus di kibaskan untuk melihat kalau ada barang tamu yang terselip dalam linen.

-          Buka pillow case, dan letakkan pillow itu diatas Sofa yang terdekat dengan tempat tidur.

-          Buka duve cover, lipat inner duve dan letakan di atas sofa


ø  Making Bed
Prosedur making bed adalah sebagai berikut :
-          Ambil sheet, duve cover, dan pillow case yg sesuai dengan ukuran bed.
-          Tarik bed ke posisi yang baik untuk memudahkan proses making bed.
-          Tebarkan sheet pertama dengan jahitan menghadap ke bawah dan permukaan yang halus berada di atas dengan posisi tepat di atas bed dan juntaian kanan – kiri dan atas bawah harus seimbang. Masukkan sisa sheet di samping bed ke dalam bed dengan sudut antara  45 atau 90°
ø  Tebarkan duve cover di atas sheet tadi, dan masukan inner duve kedalam duve cover dari samping. Kibaskan duve agar tidak ada yang menggelembung dan rapikan pinggirannya
ø  Lipat bagian atas kira-kira selebar 40cm, masukan duve bagian bawah ke bed dan lipat bagian kanan dan kiri dengan sudut antara 45 atau 90o.
ø  Dorong bed ke posisi semula.
ø  Masukan pillow ke dalam pillow case, pasang dengan posisi berdiri dan sedikit dimiringkan.
ø  Pasang pillow decoration di depan pillow.
ø  Terakhir pasang bed runner di bagian bawah.

*      Cleaning Bathroom
ø  Buang semua sampah yang berada di bathroom ke damp humper.
ø  Ambil cady dan bawa ke bathroom.
ø  Cuci semua gelas kotor (jika ada)di wash basin dan langsung di keringkan.
ø  Gosok keran dan shower yg terbuat dari stailess stail menggunakan cairan chips dan spon kasar (scote brite) hingga mengkilap dan bilas menggunakan air.
ø  Gosok washbasin menggunakan MPC dan spon kasar (scote brite)
ø  Sikat toilet bowl menggunakan cairan MPC dan toilet bowl brush, bila perlu langsung menggunakan tangan dan spon kasar (scote brite)
ø  Sikat lantai dan dinding bathroom menggunakan hand brush dan MPC, setelah selesai bilas menggunakan air.
ø  Semprot permukan kaca dengan glass cleaner, ratakan menggunakan woser dan tarik sisa-sisa kotoran menggunakan squis.
ø  Buka drain (saluran pembuangan) tarik sisa-sisa cairan pembersih dan air yg berada di lantai bathroom menggunakan squis ke drain.
ø  Keringkan bathroom menggunakan lap khusus.
ø  Lengkapi semua guest supplies yg berada di bathroom.

*      Dusting
ø  Damp dusting :
Damp dusting adalah mengelap menggunakan lap yang lembab, dengan tehnik searah jarum jam dan dari atas ke bawah. Dimulai dari belakang pintu, wardrobe, coffee table dan seterusnya.

ø  Dry dusting :
Dry dusting adalah mengelap menggunakan lap kering, dengan tehnik dari atas ke bawah. Digunakan untuk mendusting permukaan kaca.

ø  Pada saat dusting, langsung merapikan room facilities dan melengkapi room facilities yg kurang.



*      Sweeping
ø  Sapu dari pojok terjauh dengan pintu masuk, terutama di belakang korden, bawah sofa, kursi, bed side table dan luggage rak.

*      Moping
ø  Moping/ngepel dilakukan dari pojok terjauh dan dilakukan dengan tehnih menarik kotoran yg tersisa seperti debu dan serpihan-serpihan.

*      Double Chek
ø  Chek semua kelengkapan kamar, dan jangan sampai meninggalkan alat-alat di kamar. Jika dirasa sudah lengkap tutup pintu dan isi assignment sesuai dengan nomer kamar dan semua yg diganti.





BAB IV
PENUTUP

4.1 Kesimpulan dan Saran
ø  Kesimpulan
ø  Dari Pelaksanaan Praktek Kerja Industri, penulis dapat menyimpulkan bahwa dengan adanya Praktek Kerja Industri sebagai salah satu kurikulum yang wajib diikuti, penulis dapat mempraktekkan teori dan praktek yang di dapat di Sekolah di industri, sehingga penulis dapat membandingkan dan menambah ilmu yang kurang dari pelaksanaan Praktek Kerja Indsutri tersebut.
ø  Bahwa dalam Praktek Kerja Industri yang dilakukan di industri memiliki manfaat yang sangat besar bagi penulis sebagai jenjang dalam meniti karier di bidang pariwisata dan perhotelan, sebab dengan melaksanakan training di industri, penulis bisa mengetahui segala sesuatu yang ada di hotel dan  apa yang di lakukan di hotel
ø  Selain itu, melalui Praktek Kerja Industri juga membuat penulis menjadi tahu bagaimana cara melayani tamu dengan baik, dan mengetahui standar minimum yang harus diketahui dalam bekerja. Dari Praktek Kerja Industri ini juga penulis mengetahui bagaimana caranya bekerja dengan cepat dan tepat.

ø  Saran

Demi perkembangan dan kemajuan pelaksanan On The Job Training, maka penulis 
memberikan sedikit saran-saran sebagai berikut : 
ø  Ditingkatkan suasana kerja yang kompak dan kekeluargaan.
ø  Melaksanakan On The Job Training dengan penuh semangat dan total, sehingga setelah selesai nanti benar-benar mendapatkan hasil yang maksimal pula, Mempertahankan serta meningkatkan pelayanan kepada tamu.
ø  Sebagai seorang trainee sebaiknya digunakan sebaik mungkin sebagai tempat bertanya dan belajar banyak hal mengenai dunia industri pehotelan dan paiwisata
ø  Sebaiknya semua trainee selalu disiplin dalam hal mentaati semua aturan yang berlaku di hotel.
ø  Sebaiknya management tidak memaksakan kehendak untuk memanfaatkan tenaga trainee untuk sistem kerja overtime.
ø  Sebaiknya management tidak melarang kewajiban trainee, seperti kegiatan gathering ketika tenaga trainee dibutuhkan pada saat occupancy tinggi.
Tag : Pengalaman
3 Komentar untuk "Laporan Training Housekeeping Department di Mercure Bali Harvestland Kuta"

terima kasih admin blog ini,informasinya sangat berguna, Semoga sukses terus ya min :)

Berkomentarlah dengan sopan,dilarang meninggalkan link aktif di komentar. jika ada link aktif di komentar akan segera saya hapus.
"Trimakasih''

Back To Top